Layanan Jual Beli Ban Serta TMS
PT. PRIMA GLOBAL TECHNIC
Phone : +62 542 851 2815
Mobile : 0821 5022 3255
  Email : info@priglotech.com
Tahukah anda saat dump truk mengalami tanjakkan atau turunan,kadang tyrenya mengalami selip.hal ini tentu berpengaruh terhadap umur tyre.

Faktor tersebut dipengaruhi oleh adanya,Rolling Resistance(tahan gelinding,tahan guling) serta Tahanan Kemiringan (Grade Resistance ),dan beberapa faktor lainnya,

Namun kami hanya menjelaskan faktor Rolling Resistance(tahan gelinding,tahan guling) serta Tahanan Kemiringan (Grade Resistance ) saja.


1. Tahanan Guling/ Tahanan Gelinding (Rolling Resistance)
Tahanan guling/ tahanan gelincir (Rolling Resistance, biasa disingkat RR) merupakan segala gaya-gaya liar yang berlawanan arah dengan arah gerak kendaraan yang sedang berjalan di atas suatu jalur. (Lihat Gambar disamping)




Arah Tahanan Gulir (RR)

Bagian yang mengalami Rolling Resistance (RR) secara langsung adalah tyre bagian luar kendaraan, tahanan guling (RR) tergantung pada banyak faktor, diantaranya yang terpenting adalah:
  • Keadaan jalan (kekerasan dan kemulusan permukaan jalan); semakin keras dan mulus atau rata jalan tersebut, maka tahanan gulingnya (RR) semakin kecil.
  • Keadaan tyre yang bersangkutan dan permukaan jalur jalan. Jika memakai tyre karet, maka yang berpengaruh adalah ukuran, tekanan, dan permukaan dari tyre alat berat yang digunakan; apakah tyre luar masih baru, atau sudah gundul, dan bagaimana model kembangan tyre itu. Jika menggunakan Crawler yang berpengaruh adalah kondisi jalan
Besarnya RR dinyatakan dalam pounds (lbs) dan Rimpull yang diperlukan untuk menggerakkan tiap gross ton berat kendaraan beserta isinya pada jalur mendatar, dan dengan kondisi jalan tertentu.
Gambar:diatas Arah Tahanan Gulir (RR)
Contoh:
Jalur jalan yang dibuat dari perkerasan tanah dilewati leh truck dengan tekanan ban 35 – 50 lbs. Diperkirakan roda tersebut memiliki tahanan gulir (RR) sebesar 100 lbs/ ton. Jika berat kendaraan dan isinya 20 ton, hitung besarnya kekuatan tarik yang diperlukan oleh mesin itu pada roda kendaraan (Rimpul) agar kendaraan tersebut dapat bergerak.
Jawab:
Rimpull (RP) = Berat kendaraan x RR
= 20 ton x 100 lbs/ ton
= 200 lbs.

Pada prakteknya menentukan RR sangat sukar dilakukan, sebab dipengaruhi oleh ukuran dan tekanan ban, serta kecepatan kendaraan. Untuk perhitungan praktis RR dapat dihitung menggunakan rumus: RR = CRR x Berat Kenderaan beroda
Keterangan:
RR = Tahanan Guling (lbs/ gross ton)
CRR = Koefisien Tahanan Guling (lihat Tabel: dibawah)

Angka Tahanan Gulir dinyatakan dalam persen(*)
Jadi Kesimpulan :
Semakin besar Rolling Resistance pada tyre maka tingkat keselipan juga besar,sehingga tyre akan mengalami pergesekan cukup tinggi dengan permukaan jalan,yang mengakibatkan timbulnya panas serta pengikisan/abrasi pada tread.

2. Tahanan Kemiringan (Grade Resistance)
Grade Resistance (GR) adalah besarnya gaya berat yang melawan atau membantu gerak kendaraan karena kemiringan jalur jalan yang dilalui. Jika jalur jalan itu naik disebut kemiringan positif, Tahanan Kemiringan atau Grade Resistance (GR) akan menalwan gerak kendaraan; tetapi sebaliknya, jika jalan itu turun disebut kemiringan negatif, tahanan kemiringan akan membantu gerak kendaraan (Gambar: dibawah).
Tahanan Kemiringan (GR)
Tahanan kemiringan tergantung pada dua faktor yaitu:
  • Besarnya kemiringan (dinyatakan dalam %)
  • Berat kendaraan itu sendiri (dinyatakan dalam Gross-ton)
Biasanya tahanan kemiringan dihitung sebagai berikut: “Tiap kemiringan 1% besarnya tahanan kemiringan rata-rata = 20 lbs dari besarnya kekuatan tarik mesin yang digunakan untuk menggerakkan ban yang menyentuh permukaan jalur jalan. Besarnya dihitung untuk tiap gross-ton berat kendaraan beserta isinya”.

Contuh :
Sebuah truck beserta muatan beratnya 20 ton, truck itu bergerak pada jalur jalan dengan tahanan gulir (GR) = 100 lbs/ ton. Hitung kekuatan tarik yang diperlukan oleh mesin truck untuk menggerakkan tyrenya.
Jawab:
Kekuatan tarik (Rimpull yang menahan kemiringan) = Berat kendaraan x GR x Kemiringan.
= 20 ton x 100 lbs/ton/1% x 5%
= 200 lbs
Untuk menahan supaya truck tidak meluncur turun akibat kemiringan, maka diperlukan kekuatan tarik yang besarnya minimum 200 lbs juga.
Kekuatan tarik yang diperlukan = Rimpull yang menahan kemiringan + gaya tarik yang menahan kemiringan
Kekuatan tarik yang diperlukan = 200 lbs + 200 lbs
= 400 lbs.


Solusi Terbaik
Untuk Ban Anda

Tire Product


Prima Tire Link

Indonesian Tire Media Center merupakan suatu layanan media informasi mengenai perkembangan tire,wheel dan rim di Indonesia.

Merupakan supplier ban baru,ban vulkanisir baik ban PCR,TBR maupun ban OTR.Serta menyediakan layanan training tire,konsultasi ,repair & maintenance serta tire manajemen system.

Contact Us

PT.PRIMA GLOBAL TECHNIC
Buka hari Senin-Jumat :
Jam 08.00 : 17.00
Buka hari Sabtu :
Jam 08.00 : 13.00

Telepon Call +62 542 851 2815
Telepon Call +62 821 5022 3255
Icon Email info@priglotech.com
Icon Email pib.bpn@gmail.com
Live Chat
Copyright © | Powered by PRIMA INDO BAN
HOME | ABOUT US | BAN BARU | VULKANISIR | TRAINING BAN | REPAIR BAN | KONSULTASI | CAREER | INVESTOR | CONTACT US