Layanan Jual Beli Ban Serta TMS
PT. PRIMA GLOBAL TECHNIC
Phone : +62 542 851 2815
Mobile : 0821 5022 3255
  Email : info@priglotech.com
 
DefinisiTyre Management System atau Tyre Manajemen Sistem ( TMS )adalah sistem manajemen yang terintergrasi dalam ruang lingkup optimalisasi penggunaan tyre dalam suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

Tyre Manajemen Sistem
bertujuan agar sebuah tyre diperlakukan sesuai dengan kondisinya saat itu sehingga akan didapatkan umur tyre yang maksimal yang nantinya dapat menunjang operasional unit dalam berproduksi dan juga masalah safety.

Taukah anda bahwa biaya tyre dalam usaha pertambangan terbuka adalah biaya kedua terbesar setelah biaya BBM? Maka dari itu proses pemeliharaan tyre adalah proses yang penting.Untuk itu perlu dedikasi untuk menjaga umur tyre yang panjang. Target utama adalah CPK (Cost Per Kilometer) yang rendah.

Objective dari Tyre Management System (TMS) diantaranya:

1. Memberikan rekomendasi pada prinsip dasar, patern tyre yang cocok bagi kondisi medan mine site sehingga CPK rendah dapat tercapai.
2. Memperpanjang umur tyre dan pelepasan tyre yang tepat waktu sehingga dapat di retread/vulkanisir.
3. Menjalankan prosedure pemeliharan tyre termasuk laporannya.
4. Memastikan metode yang benar dan aman untuk penggantian , rotasi , tekanan udara tyre dan pengukuran tread deapth/kembang tyre.
5. Implementasi segala aspek dalam lapraon tyre yang sejalan dengan prosedur pemeliharaan tyre.
6. Kordinasi dengan bagian stok ataupun eksternal (supplier tyre & retread) untuk pengaturan inventory tyre cadangan guna memastikan semua kendaraan dapat beroperasional tanpa gangguan.
7. Memaksimalkan kualitas casing sehingga dapat di retread berulang kali.

Sistem manajemen tyre terdiri dari proses perencanaan pemeliharaan yang didukung oleh backlog system. Sedangkan proses eksekusi pemeliharaannya terdiri dari proses maintenance, fabrication, replace & adjustment serta tyre repair/retread. Di dalam sistem manajemen ini juga diatur masalah pengukuran performansi dan scrap analysis dari output proses eksekusi maintenance. Sehingga akan menjadi suatu perbaikan untuk proses-proses selanjutnya.

Sistem manajemen Tyre akan mengatur proses pembelian, pemeliharaan, dan perbaikan kinerja sistem manajemen tyre itu sendiri secara menyeluruh dan mekanismenya sesuai dengan sistem manajemen mutu.

Sistem manajemen Tyre terdiri dari 13 Elemen, yaitu
  1. Elemen Tyre and Rim Planning,
  2. Elemen Tyre and Rim Maintenance Execution,
  3. Elemen Backlog,
  4. Elemen Work Order system,
  5. Elemen Part Requirement,
  6. Elemen Scrap Analysis,
  7. Elemen Performance Measurement,
  8. Elemen Tyre and Rim Improvement,
  9. Elemen Man Power,
  10. Elemen Tyre and Rim Development,
  11. Elemen Infrastructure,
  12. Elemen Budgeting
  13. Elemen Technical Information.

1. Tyre and Rim Planning
Elemen ini mengatur pembuatan perencanaan maintenance tyre, mulai dari adanya data kebutuhan Tyre & Rim sampai pembuatan Master Plan Tyre & Rim Planning (meliputi Rolling & Matching, Backlog, Schedule Repair), Serta adanya Commital Process, yaitu penetapan pelaksanaan maintenance terhadap tyre & rim.

2. Tyre and Rim Maintenance Execution
Di dalam elemen ini dijelaskan cara-cara dalam pelaksanaan eksekusi pemeliharaan (maintenance) yang sifatnya preventif dan prediktif dengan tujuan mencegah timbulnya kerusakan yang terjadi dan memperpanjang umur component .

3. Backlog System
Mekanisme pelaksanaan backlog tyre dari mulai ditemukannya kerusakan yang tertunda perbaikannya, kebutuhan part backlog, pemenuhan part backlog sampai dengan perbaikan dari kerusakan tersebut.
Kerusakan yang dapat dibacklogkan adalah jenis kerusakan yang secara operasional masih dapat melanjutkan operasi dan statusnya tidak membahayakan.

4. Work Order
Proses Work Order adalah kegiatan yang dilakukan dalam pemeliharaan tyre baik yang bersifat Schedule maupun Unscheduled. Selain itu work order juga berfungsi sebagai data history pemeliharaan dari tyre yang memuat informasi mengenai biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan pemeliharaan, durasi pekerjaan, historical trouble, maupun mekanik yang melaksanakan pemeliharaan tersebut.

5. Part Requirement
Adanya aktivitas pemeliharaan yang membutuhkan part dalam pelaksanaannya dan proses ini berkaitan dengan aktivitas dari Supply Management Division. Dimana dalam proses ini data-data yang dibutuhkan dalam penggantian tyre sudah terinput di dalam sistem Ellipse, sehingga mempercepat dalam proses pengadaan.

6. Scrap Analysis
Kondisi ban yang sudah tidak dapat dipergunakan harus dilakukan analysis terlebih dahulu apakah merupakan kondisi normal ataupun karena ban tersebut mengalami kerusakan yang tidak wajar. Untuk kondisi tersebut, maka harus dilakukan proses warranty untuk dimintakan ke vendor penggantian.Sedangkan untuk kerusakan kondisi normal, juga perlu dianalisis lebih mendalam sehingga dapat dilakukan prefentive dan corrective yang tepat, termasuk informasi ke vendor untuk memperkuat di bagian-bagian yang sering mengalami kerusakan.

7. Performance Measurement
Pelaksanaan performance measurement, mulai dari daily meeting, weekly meeting, monthly KPI meeting, PICA serta follow up-nya. Proses-proses yang dilakukan adalah pengukuran terhadap performance baik ketepatan dalam pembuatan planning (Maintenance Planning Accuracy), pencapaian Performance Availability (PA) equipment serta KPI.

8. Tyre and Rim Improvement
Pelaksanaan proses improvement dengan menggunakan metode-metode yang ada yaitu suggestion system (SS) untuk sumbang saran individu dan QCC/P untuk tim.

9. Man Power
TMS dapat diimplementasikan dengan baik apabila didukung oleh sumber Daya Manusia (Man Power) yang handal dan kompeten. Untuk mencapainya Plant Division mempunyai berbagai program pengembangan karyawan, antara lain : Training & Development (PMDP & PSDP), Skill Up serta struktur organisasi & Job Description yang jelas.

10. Tyre and Rim Development
Untuk terus meningkatkan hasil yang diperoleh serta menjaga agar hasil yang sudah dicapai dengan baik tidak turun, harus didukung dengan system development yang baik dan juga terus melakukan pencarian produk-produk unggulan yang sesuai dengan kebutuhan yang kesemuanya mengarah kepada keunggulan.

11. Infrastructure
Guna mendukung pelaksanaan maintenance dan repair yang sesuai dengan TMS perlu ditunjang dengan prasarana dan sarana yang layak dan memadai. Untuk itu perlu upaya untuk sebisa mungkin melengkapi tools, workshop and facilities serta sarana penunjang lainnya, sehingga karyawan dapat dengan nyaman melakukan aktivitasnya. Bentuk Workshop & Tools yang dipergunakan harus sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh TMS.

12. Budgeting
Agar proses maintenance dapat terlaksana dengan baik tentu harus dipersiapkan pendanaannya. Untuk membuat perencanaan pendanaan yang tepat maka harus memperhatikan segala aspek. Dalam hal ini sangat diperlukan koordinasi dengan pihak lain dan perhitungannya diinput ke dalam IBS (Integrated Budget System).

13. Technical Information
Technical Information diperlukan pada saat melakukan kegiatan maintenance & repair yang memerlukan informasi lebih detail. Sehingga keputusan untuk mengganti atau memperpanjang umur suatu barang (parts) lebih tepat, termasuk juga dalam hal pembelian (nama barang, kode barang) sehingga tepat apa yang akan dibeli.


Solusi Terbaik
Untuk Ban Anda

Tire Product


Prima Tire Link

Indonesian Tire Media Center merupakan suatu layanan media informasi mengenai perkembangan tire,wheel dan rim di Indonesia.

Merupakan supplier ban baru,ban vulkanisir baik ban PCR,TBR maupun ban OTR.Serta menyediakan layanan training tire,konsultasi ,repair & maintenance serta tire manajemen system.

Contact Us

PT.PRIMA GLOBAL TECHNIC
Buka hari Senin-Jumat :
Jam 08.00 : 17.00
Buka hari Sabtu :
Jam 08.00 : 13.00

Telepon Call +62 542 851 2815
Telepon Call +62 821 5022 3255
Icon Email info@priglotech.com
Icon Email pib.bpn@gmail.com
Live Chat
Copyright © | Powered by PRIMA INDO BAN
HOME | ABOUT US | BAN BARU | VULKANISIR | TRAINING BAN | REPAIR BAN | KONSULTASI | CAREER | INVESTOR | CONTACT US